Membuat Smudge Lettering dengan Photoshop

Assalamualaikum teman-teman design.
Welcome Again...
Pada postingan kali ini, saya akan berbagi cara membuat "Smudge Lettering". Smudge kalo diartikan kebahasa indonesia artinya menggosok, yah kalo di Photoshop kita kenal dengan "Smudge Tool".
Buat kalian yang sering pake Photoshop pasti kalian tau fungsinya tool ini. Oke, biar gak penasaran, berikut penampakan smudge Lettering yang saya maksud.
Sip, lanjut ke tutorialnya.

1. Siapkan Gambar Sketch Lettering kalian

Sebelum memulai tutoialnya, kalia harus mempersiapkan Sketch/gambar Lettering yang kalian buat. sebagai contoh berikut Sketch Lettering yang saya gunakan untuk tutorial ini.
Jika kalian malas atau gak sempat bikin Sketchnya, kalian bisa gunakan text dengan font tertentu atau bisa mencari gambar Lettering di google image.

2. Place/Drag Sketch Lettering kalian ke Photoshop

Selanjutnya Buka Photoshop yang kalian pakai dan buat document berukuran 1366*768 atau bisa sesuai selera, drag gambar sketch sebelumnya ke area document, atau bisa juga menggunkan menu "Place" pada tab File





3. Buat Path(Jalur) menggunakan Pen Tool

Langkah ketiga, yakni membuat path menggunakan pen tool mengikuti bentuk Lettering. Membuat path yang smooth dan rapi tergolong sulit bagi yang baru menggunakan pen tool. Termasuk saya dahulu sebelum mengenal pen tool lebih dalam. Tipsnya untuk mendapatkan bentuk path yang rapi dan smooth usahan handle pada tiap titik path lurus secara horizontal maupun vertikal.


Setelah path jadi, jangan lupa untuk menyimpannya agar path tersebut tidak hilang, caranya dengan masuk pada Tab path dan kemudian double klick pada layer path dan beri nama sesuai yang kalian inginkan.

4. Buat Layer Baru dan Buat new Pattern dari Gambar

Klick Icon new layer untuk membuat layer baru dan beri nama smudge text, sebelum itu jangan lupa untuk menyembunyikan alias hide layer sketch sebelumnya karena tidak akan dipakai lagi.
Selanjutnya setelah layer baru siap, buat sebuah pattern baru dari gambar, untuk gambarnya disini saya menggunkan gambar random color grid(grid warna acak) caranya dengan klik kanan pada gambar kemudian open with photoshop dan masuk ke tab/menu edit kemudian pilih Define Pattern, beri nama pattern kemudian OK. Pattern ini nantinya akan berfungsi sebagai sample untuk smudge tool.
Setelah pattern siap, balik lagi ke document photoshop utama sebelumnya, klik Icon New Adjustment Layer (berada pada deretan icon new layer), kemudian pilih option pattern dan pilih pattern yang kalian buat sebelumnya dan atur scalenya (saya menggunakan scale : 34%) dan OK.


5. Setting Bentuk dan Size Smudge Tool

Beralih ke smudge tool, icon tool ini berbentuk tangan dengan dengan jari telunjuk. Biasanya secara default icon ini akan ada pada bar menu tool. Kemudian Atur bentuk dan ukuran size brush yang akan digunakan, di tutor ini saya menggunakan bentuk brush standart (bulat) dangan ukuran 25 px, namun bisa kalian coba dengan ukuran 30 atau 20 px, Untuk mengatur size brush kalian dapat menggunakan key "{" dan "}".

Jangan lupa untuk mencentang "Sample All Layers".

6.Gunakan Option "Stroke Path" pada Pen Tool untuk Membuat Smudge Text

Klick icon pen tool lagi atau dengan menkan key"P" pada keyboard untuk mengaktifkan pen tool, kemudian pastikan path yang telah dibuat sebelumnya muncul. Jika path tidak muncul (bisa saja tertutp saat kalian menekan ESC), Kalian bisa mengaktifkannya kembali dengan cara meng-klick layer path pada tab path. Setelah path muncul, kemudian klick kanan pada path dan pilih Option stroke path. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
Right click dan pilih stroke path
Right Click Pada Path
Pada windows stroke path pilih "Smudge" sebagai toolnya, kemudian klikc OK, its DONE
Jangan lupa untuk meng-hide-kan layer patternnya dan finally hasilnya sebagai berikut.
Kemungkinan hasil akhir yang kalian peroleh berbeda dengan gambar diatas, warna dan bentuk smudge text tergantung pada pattern yang kalian gunakan dan posisi penempatan path, silakan kalian coba pindah-pindahkan posisi path, maka akan didapat hasil yang berbeda.
Oke cukup itu saja, tetap semangan buat belajar design grafis. Jika merasa tutor ini teralalu membingungkan atau berbelit-belit, silakan cek video tutonya dibawah ini. atau Bisa kunjungi Channel Youtube saya, ada banyak tutor yang lain disana.
Yang berminat dengan psdnya silakan klick Link dibawah ini
Download PSD
Wassalammualaikum.



Bagikan

Jangan lewatkan

Membuat Smudge Lettering dengan Photoshop
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.